Rabu, 17 Juli 2013

Tips Bagi Fotografer Pemula


Kepada siapa saja yang ingin menekuni profesi sebagai pemotret,  pentingnya tiga hal: spirit(semangat), motivasi, dan sikap mental. Tiga hal di atas terkadang tak dipedomani dengan baik oleh para fotografer pemula. Sejumlah fotografer pemula memiliki daya juang yang kurang tinggi.“Spiritnya,. Semuanya serba instan, ingin cepat. Selain kurang berdaya juang, sejumlah pemotret pemula juga tampak minim motivasi. Padahal faktor itu sangat penting bagi seseorang untuk bisa menunjukkan yang terbaik dan menjalani fotografi dengan sebuah konsekuensi tanggung jawab moral. Berkaitan dengan sikap mental,  sikap sombong dan cepat merasa puas terhadap hasil yang dicapai. Karena (di bidang) fotografi, pada saat kita menganggap kita baik, itu hancur.Sebetulnya sama dengan kalau manusia itu sombong, tinggal ambruknya aja.”

Kesetiaan pada bidang yang di cintai akan menghasilkan pencapaian yang mengesankan, semua bidang yang kita tekuni, pasti menjanjikan. Orientasi dalam melakukan sebuah profesi tidak semata-mata tertuju pada hal-hal yang bersifat fisik karena yang kita kejar adalah prestasi dan dedikasi kita.

Kesuksesan seseorang dalam bekerja utamanya bisa diukur dari besar manfaat keahlian yang bersangkutan bagi masyarakat banyak. Urusan  sebaiknya dipisahkan dari tanggung jawab moral terhadap profesi. Dari situ, totalitas menjalani profesi akan dapat tercapai dengan lebih optimal. Sebagai contoh musisi kaya dan terkenal, almarhumMichael Jackson. Ia menuturkan,”Berapa ratus juta orang yang terhibur kalau diamenyanyi? Begitu dia meninggal, orang kehilangan. Itulah hidup makna yang sebenarnya. Selain dia juga menghasilkan (uang) dari itu.”. Cintailah profesi itu sama halnya Anda mencintai diri Anda di dalam berkehidupan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar